September 2, 2014    
Home
Perusahaan
Produk
CSR
Layanan Pelanggan
SUMBER DAYA MANUSIA

Sesuai dengan tuntutan dan perkembangan Perusahaan, salah satu langkah strategik yang harus dilakukan ádalah pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu mendukung kegiatan operasional yang lebih efektif dan efisien serta memiliki produktivitas yang tinggi. Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu Asset Perusahaan yang sangat penting dan menentukan dalam menjalankan roda kegiatan Perusahaan. Untuk itu Sumber Daya Manusia (SDM) harus dikelola dengan baik agar sasaran-sasaran Perusahaan untuk jangka panjang dapat tercapai.
Sejalan dengan perkembangan Perusahaan dan teknologi maka PT Semen Baturaja (Persero) dari tahun ke tahun terus meningkatan kualitas SDM yang ada terutama dari aspek kualifikasi yang dibutuhkan dalam organisasi. Komposisi karyawan per Desember 2009 sebanyak 624 orang yang bekerja di 3 lokasi pabrik dan kantor perwakilan Jakarta, dengan rincian sebagai berikut :

Lokasi
Jumlah Karyawan
Kantor Pusat / Pabrik Palembang
201
Pabrik Baturaja
333
Pabrik Panjang
86
Kantor Perwakilan Jakarta
4



PT Semen Baturaja (Persero) dari waktu ke waktu tetap komit terhadap pembinaan karyawan dengan meningkatkan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan, menciptakan etos kerja serta iklim kerjasama yang baik antara manajemen dan karyawan atau dengan sesama karyawan.

Pada tahun 2009, Perusahaan melaksanakan sejumlah program strategis Sumber Daya Manusia, antara lain mengadakan training dalam rangka penerapan Sistem Manajemen Semen Baturaja (SMSB) dan Total Productive Maintenance melalui Temu Karya Mutu Produktivitas Nasional (TKMPN) serta memberikan apresiasi kepada karyawan yang telah melaksanakan TPM di unit kerjanya, selain itu juga melaksanakan kegiatan–kegiatan yang berkaitan dengan etos kerja serta iklim kerja yang baik sehingga dapat meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan.

Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dan Lingkungan
PT Semen Baturaja (Persero) selalu memelihara lingkungan kerja yang sehat, aman serta berwawasan lingkungan sesuai dengan standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan peraturan/undang-undang lingkungan hidup yang mengacu pada Manual Sistem Manajemen Semen Baturaja yang merupakan integrasi sistem mutu ISO 9001:2008, sistem manajemen lingkungan ISO 14001 : 2004 dan sistem manajemen K3 (SMK3).

Dalam upaya memenuhi Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 86 tahun 2002 tentang pedoman upaya pengelolaan lingkungan (UKL) dan upaya pemantauan lingkungan, memperhatikan keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 17 tahun 2001, serta Keputusan Bupati Ogan Komering Ulu No. 660/205/KPTS/XVI/2004 tentang Kelayakan Lingkungan Kegiatan Pengembangan Pabrik PT Semen Baturaja (Persero).

PT Semen Baturaja (Persero) telah melakukan kegiatan sesuai revisi dokumen ANDAL, Rencana Pengelola Lingkungan (RPL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RKL) yang dijadikan pedoman dan acuan dalam mengelola dampak negatif yang ditimbulkan dari kegiatan pabrik PT Semen Baturaja (Persero). 

Kegiatan RKL dan RPL yang dilakukan pada tahun 2009 antara lain :

  • Mengendalikan emisi gas cerobong Raw Mill/Kiln dan Grate Cooler dan memonitoring emisi gas secara kontinyu selama 24 jam dengan menggunakan alat CEMS (Continous Emission System).
  • Memantau secara manual setiap 6 bulan sekali yang dilakukan bekerja sama dengan Badan Lingkungan Kabupaten OKU dan Badan Lingkungan Propinsi Sumatera Selatan
  • Memantau kualitas udara ambien setiap bulan (internal dilakukan oleh pihak perusahaan) dan pemantauan setiap 6 bulan (external dilakukan bekerja sama dengan Badan Lingkungan Kabupaten OKU dan Badan Lingkungan Propinsi Sumatera Selatan).
  • Melakukan program penghijauan dengan menanam pohon pelindung dan melakukan perawatan tanamam dilokasi pabrik dan dilingkungan yang berbatasan dengan pemukiman

Disamping itu untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan dari kegiatan penambangan batu kapur dengan sistem blasting, perusahaan telah menggunakan Surface Mining (non blasting) yang ramah lingkungan untuk daerah yang berdekatan dengan lingkungan pemukiman penduduk. 

 

 
 
   
 
   

Profil Perusahaan

Visi Misi Perusahaan

Manajemen

S D M

S I M

Penghargaan

 
 

 

Copyright © Semen Baturaja . All rights reserved. / Privacy Policy